check this out

Wednesday 13 May 2015

[Komentari] Facebook dan Google+, serupa tapi tak sama.

Sosial media tengah memiliki grafik yang terus berkembang pada beberapa tahun ini, mengulas mengenai dua sosmed yang tengah banyak diminati oleh kalangan pengguna internet kali ini menghadirkan perbandingan antara Facebook dan Google+, keduanya memiliki kemiripan di kalangan pengguna sosial media, sebagai alat sosialisasi, komunikasi dan cenderung kepada promosi baik di bidang bisnis maupun bidang lain yang bersifat komersil.
Facebook sebagai yang didirikan 7 tahun lebih dulu daripada Google+ tentu memiliki pengguna yang jauh lebih besar daripada Google+ boleh jadi Pendaftar pada Facebook adalah 7 kali lebih besar daripada Google+. Pun demikian pengguna aktifnya nya, namun skalanya lebih rendah dibanding Pengguna aktif Facebook tercatat 5 Kali lebih besar pengguna Google+. Kedua Sosmed ini sama-sama memiliki peminatnya lebih besar adalah laki-laki, namun perbandingnya Google+ memiliki 10% lebih besar pengguna laki-lakinya dibanding Facebook. Di sisi lain, Rata-rata pengguna Facebook ternyata 10 tahun lebih tua daripada pengguna Google+, ya secara didirikannya saja Google+ baru pada tahun 2011, so masih Fresh untuk diminati oleh kalangan muda yang rata-rata berusia 28 tahun.
Dari segi aktivitas, Google+ lebih kepada rajin posting baik itu yang memiliki long teks atau penjelasan secara detail sehingga Google+ memang diunggulakn dari segi penjelasan teknik dan tutorial-tutorial, lainnya halnya dengan Facebook hanyak bersifat simple berupa liking, menyukai atau tidak dari status dan lainnya.  Pada tahun 2012, Kedua Sosmed ini juga memiliki brand yang terfavorit: 3 produk pada Facebook adalah Coca cola, Disney dan Starbuck. Sedangkan 3 Produk (posting/ penjelasan teknik) yang terpopuler adalah tentang Android, Mashable dan Chrome. Namun Demikian, Facebook tetap diunggulkan dari segi kontribusi pengguna layanan produknya dengan skala sekitar 40 kali lebih besar daripada Google+.Terlepas daripada penjelasan-penjelasan di atas saya ingin mengajak kepada pembaca, agar tetap menyeimbangkan penggunaan internet dengan kebutuhan kita. di antaranya jika jenis yang akan kita brand kan lebih kepada penggunaa produk atau pun lebih kepada penjelasan-penjelasan yang bersifat postingan. maka hendaknya kita menempatkan sesuai dengan peranan sosmednya masing-masing. Data di atas hanya sekedar perbanding yang sewaktu-waktu dengan tempo yang terus berjalan boleh saja berubah. Oke tetap semangat dan berfikir positif.
Taken from: (situs pemasaran produk)
http://www.pardot.com/infographic/facebook-google-guide-brand-pages-infographic/

No comments: